Apa Maksud Perpendek URL Online

Perpendek URL adalah situs web yang mengurangi panjang URL Anda (Uniform Resource Locator). Idenya adalah untuk meminimalkan alamat halaman web menjadi sesuatu yang lebih mudah diingat dan dilacak.

Perpendek URL Online
Close-up of cursor and URL on computer screen free photo by Photos.com

Ada banyak Perpendek URL di pasaran saat ini, termasuk Bit.ly, Goog.le dan Tinyurl.com. Layanan pemendekan URL yang Anda pilih akan menjaga hubungan antara tautan baru dan URL asli. Artinya, siapa pun yang mengeklik tautan baru Anda akan dialihkan ke laman asli.

Sejarah alat Perpendek URL

Sejak internet pertama kali dimulai, tautan telah menjadi moda transportasi utama bagi pengguna. Mereka memungkinkan orang untuk pergi dari satu situs web ke situs web lain secara instan hanya dengan mengklik URL. Sayangnya, tautan sering kali menjadi panjang dan rumit karena parameter pelacakan ditambahkan atau struktur situs bertambah untuk menampung ratusan halaman. 

Saat media sosial muncul, URL yang panjang mulai menimbulkan masalah. Awalnya, Twitter membatasi pesan mereka hingga maksimal 140 karakter, dan mereka menghitung setiap karakter dalam sebuah tautan. Ini berarti bahwa URL yang panjang dapat mengambil seluruh tweet Anda. Alat Perpendek URL muncul sebagai solusi untuk masalah berbagi ini.

Manfaat Perpendek URL

Konten adalah bagian penting dari strategi pemasaran apa pun. Untuk membagikan konten itu, Anda memerlukan URL yang tepat. Perpendek URL memastikan bahwa Anda menyampaikan pesan yang tepat kepada audiens Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak ruang di pos sosial Anda. Selain itu, alat seperti Bit.ly:

  1. Permudah berbagi konten Anda: URL yang disederhanakan dan bermerek memberi tahu pelanggan semua yang perlu mereka ketahui tentang situs Anda. Tidak perlu lagi menggunakan URL yang diperkecil dengan kombinasi huruf dan angka acak.
  2. Jadikan URL Anda lebih menarik: URL yang lebih pendek memiliki daya tarik yang lebih estetis. Meskipun ini mungkin tidak tampak penting, URL yang lebih pendek dapat membuat semua perbedaan dalam meyakinkan seseorang untuk mengeklik tautan Anda.
  3. Memungkinkan pemantauan lalu lintas: Bit.ly dilengkapi dengan monitor pelacakan yang mengukur aktivitas berbagi tweet atau posting Anda selama periode tertentu.

Namun, penting untuk memastikan tautan pendek Anda tidak merusak reputasi Anda. Meskipun alat Perpendek URL berguna, alat ini juga menyembunyikan konten asli tautan Anda, membuat pelanggan lebih curiga. Merek perlu memastikan bahwa tautan mereka selalu mengarah ke konten yang dijanjikan untuk membuat pelanggan senang.

Bagaimana Anda menemukan dan menggunakan Perpendek URL?

Ada banyak alat Perpendek URL di pasaran saat ini.

Beberapa situs, seperti shortener url, menangani semuanya mulai dari pemendekan URL hingga analitik dan pelacakan sejenisnya. Yang lain hanya mengubah URL Anda menjadi tautan baru yang dikurangi.

Saat Anda memilih Perpendek URL yang ingin Anda gunakan, cukup masukkan URL Anda ke dalam kotak konten dan klik tombol untuk mengurangi tautan. Ingatlah untuk berhati-hati dengan alat Perpendek tautan yang menghapus branding dari konten Anda karena ini dapat membuat tautan terlihat kurang dapat diandalkan.